8 Tools Bagus Dari Google Untuk Penerjemah (Artikel)

8 Tool Bagus Dari Google Untuk Penerjemah
Siapa yang tidak kenal Google yang merupakan pioneer untuk dunia internet ini? Semua pastinya sudah kenal betul bukan? Saat ini banyak produk-produk dari Google yang bisa kita manfaatkan baik secara berbayar maupun secara Gratis. Tapi, ada yang tau nggak kalau dari sekian banyak tool dari Google tersebut bisa menjadi sangat bermanfaat bagi kita-kita yang berprofesi sebagai penerjemah? Pada artikel berikut ini saya ingin sharing mengenai 8 tool bagus dari Google untuk penerjemah. Selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

1. Google documents
Tool ini sangat bermanfaat sebagai pengganti perangkat lunak Microsoft Office Anda. Hanya, untuk memanfaatkan tool bagus ini kita perlu berlangganan. Dan setelah berlangganan, kita bisa memulai membuat dokumen, presentasi, spreadsheet dan bentuk dari akun Google Docs dalam jumlah yang tidak terbatas. Kita juga bisa meng-upload semua jenis file teks yang kita sedang kerjakan saat itu juga. Bahkan kita tidak perlu lagi untuk mengirim file melalui e-mail, karena kita akan dapat dengan mudah berbagi  melalui navigasi toolbar  dari Google Documents tersebut. Kita pun dapat bekerja dengan dokumen-dokumen dari komputer manapun yang memiliki koneksi internet yang stabil,  karena file-file tersebut disimpan di server Google yang aman dan bukan di komputer Anda.

2. Google Translator Kit
Dengan tool penerjemah dari Google ini akan sangat membantu pekerjaan seorang penerjemah. Tool Penerjemah Google ini memiliki semua fungsi dari perangkat CAT komersial dengan semua fitur Glosari terjemahan yang lengkap. Setelah teks kita di-upload kedalam tool ini, kita bisa memilih apakah ingin mengisi kotak terjemahan dengan teks  yang telah diterjemahkan atau dengan teks asli. Tersedia pula kamus online pada toolkit tersebut.

3. Google Sites ToolTool Google yang memungkinkan kita bisa melakukan pencarian dalam jumlah yang tidak terbatas. Dengan tool ini kita bisa dapat menempatkan resume kita di sana atau apa pun yang kita inginkan dan kita juga bisa melampirkan jenis file yang dapat didownload oleh semua pengunjung. Selanjutnya pengunjung juga dapat memberi komentar tentang artikel kita. Untuk memanfaat tool bagus ini secara maksimal kita perlu berlangganan agar tetap up-to-date dengan website kita. Editor WYSIWYG-nya pun sangat mudah penggunaannya dalam membuat dan mengedit halaman website sehingga  kita tidak memerlukan keahlian coding.

4. Gmail Mungkin ini adalah tool terpopuler dan paling banyak penggunanya di seluruh penjuru dunia. Saya telah mencoba banyak penyedia layanan e-mail gratis, namun ternyata hanya Gmail yang menurut saya paling efisien dalam penggunaannya. Dengan Gmail, kita bisa dengan mudah terhubung kesemua e-mail account dari provider lain melalui account Gmail yang kita miliki dan mengumpulkan semua email kita di satu tempat. Kita pun juga bisa memanfaatkan fitur-fitur terbaru yang ada di Gmail saat ini seperti kirim dan terima SMS dan lain sebagainya. Ditambah lagi dengan dihadirkannya fasilitas Google Buzz yang menjadikan tool ini serasi menjadi semakin lengkap.

5. Google Notebook 

Tool yang berupa notebook online yang sederhana namun sangat berguna. Dengan tool ini kita dapat membuat catatan, mengelola bookmark Google kita dan berbagi notebook kita.

6. Google Calender
Merupakan kalender online di mana kita bisa membuat jadwal acara, menambahkan tugas dan catatan cepat, dan mencetak semuanya, mengirim dan menerima undangan dan banyak lagi. Kita juga dapat mengatur tampilan kalender secara offline maupun online dan berkesempatan mencoba salah satu laboratorium fitur seperti Google Documents,  jam dunia dan lain sebagainya.

7. Google Reader
Kebanyakan penerjemah saat ini telah terdaftar di lebih dari satu situs web yang layanan promosi atau juga lapangan kerja. Namun, beberapa website telah banyak menghapus fitur tersebut dan menjadikannya sebuah layanan berbayar. Tidak demikian halnya dengan Google Reader yang memungkinkan kita untuk menambahkan RSS feed ke account pembaca Google kita, dimana hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat update website anda setiap harinya. 

8. Google Plus
Merupakan salah satu dari sekian banyak produk Google yang paling teranyar saat ini. Dengan Google Plus yang didisain seperti layaknya situs-situs jejaring sosial lain, kita bisa berinteraksi antara satu dengan lainnya. Telah banyak penerjemah yang memanfaatkan Google Plus sebagai media promosi online mereka. Bahkan tidak sedikit penerjemah yang bertemu kliennya untuk pertama kalinya di Google Plus.




Dikirim Oleh : Penerjemah Bilingual
Email : mferdianto@yahoo.com
Kunjungi Website : http://penerjemah-bilingual.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2019 Direktori Penerjemah™ is a registered trademark.

Designed by Templateism | Templatelib. Hosted on Blogger Platform.