Akankah profesi penerjemah tergusur oleh mesin?

Setidaknya selama dua puluh tahun terakhir, saya diberi tahu bahwa penerjemah, termasuk saya, akan digantikan oleh terjemahan mesin dalam satu dekade karena hasil terjemahan mesin hampir tidak dapat dibedakan dengan hasil terjemahan oleh manusia. Selama sekitar sepuluh tahun, saya telah diberitahu bahwa pengeditan pasca-MT adalah tren yang berlaku dalam industri penerjemahan, dan bahwa suka atau tidak, pengeditan MT-post adalah masa depan saya dan satu-satunya masa depan yang masih dapat diharapkan oleh penerjemah. Dan tentu saja saya juga telah diberitahu selama beberapa dekade ini bahwa pengguna terjemahan hanya peduli dengan harga dan tidak terlalu memperhatikan kualitas.

Semua pernyataan ini benar adanya, dan pada saat bersamaan, semua pernyataan tersebut juga penyederhanaan dan kepalsuan, tergantung pada apa yang kita maksud dengan istilah seperti "biaya", "kualitas", "terjemahan manual" dan "industri terjemahan".

Memang benar misalnya bahwa Google Translate dapat dalam beberapa kasus menghasilkan terjemahan yang sangat bagus yang terlihat seperti terjemahan manual oleh manusia. Tapi alasannya sederhana - Google Translate tidak didasarkan pada pendekatan tradisional terhadap terjemahan mesin. Sebagai gantinya, mesin memilih terjemahan manusia yang ada dari database terjemahan manusia yang sangat besar. Tetapi pendekatan penerjemah mesin ini hanya bisa bekerja sampai batas tertentu, dan kebetulan, fakta yang sedikit diketahui adalah bahwa hal itu tidak berjalan dengan baik untuk terjemahan seperti untuk bahasa Jepang dan bahasa Inggris atau bahasa Cheska dan bahasa Inggris seperti halnya untuk Terjemahan antara bahasa-bahasa Eropa yang umum.

Saya berpikir bahwa terobosan revolusioner terakhir dari terjemahan mesin yang pada akhirnya akan menjadi kehancuran bagi orang-orang yang bekerja dalam profesi seperti saya, akan tetap berada di tikungan setidaknya selama 20 atau 30 tahun ke depan jika tidak dalam 2 atau 3 abad ke depan.

Sulit bagi saya untuk membayangkan nasib yang lebih buruk daripada post-editing terjemahan mesin. Betapa hal tersebut merupakan cara yang mengerikan untuk tergusur. Menurut saya segmen industri penerjemahan tertentu sudah atau akan segera didasarkan pada pendekatan pemikiran manusia yang agak sederhana ini, karena menerjemahkan sebagian besar tentang pemikiran. Tapi itu akan menjadi segmen industri yang relatif kecil dan hati saya beralih ke orang-orang yang harus benar-benar terlibat dalam pikiran ini dengan sepenuh hati bekerja keras untuk membayar tagihan mereka dan memberi makan keluarga mereka.
Seperti Tuhan, teknologi terkadang bergerak dengan cara yang misterius.
Manusia tidak serta merta akan menyerah terhadap kehebatan mesin. Dan penerjemah tidak akan bergitu saja dapat tergusur eksistensinya oleh terjemahan mesin ... kecuali mungkin di bidang terjemahan tertentu.

Kemungkinan besar terjemahan mesin bebas akan membawa banyak pekerjaan dari beberapa penerjemah yang dulunya dibayar untuk pekerjaan mereka. Saya tidak tahu di bidang mana hal ini mungkin terjadi, tapi saya akan membayangkan bahwa ini adalah terjemahan yang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu penting.

Hal itu tidak akan terjadi di bidang penerjemahan paten, yaitu bidang saya. Kebetulan banyak uang bisa dibuat atau hilang tergantung pada apakah terjemahan Anda benar atau tidak masuk akal di bidang terjemahan paten.Memang benar bahwa beberapa terjemahan di bidang saya tidak lagi diperlukan karena adanya terjemahan mesin, misalnya paten Jerman atau Prancis ke dalam bahasa Inggris. Tapi pada saat yang sama, lebih banyak terjemahan yang diperintahkan berkat apa yang pelanggan saya dapat temukan sendiri dengan terjemahan mesin.

Saya telah memperhatikan bahwa permintaan untuk menerjemahkan paten Jepang ke bahasa Inggris telah menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir, sementara permintaan untuk menerjemahkan paten Jerman dan Prancis ke bahasa Inggris telah melalui atap, setidaknya di kantor penerjemah saya yang nyaman. Terjemahan mesin untuk paten Jepang hampir sama sekali tidak berguna jika Anda tidak dapat membaca tulisan asli Jepang, sementara terjemahan mesin dari paten Prancis dan Jerman tidak seburuk itu. Jadi jika terjemahan mesin adalah musuh saya, saya seharusnya melihat kecenderungan yang berlawanan.

Saya berpikir bahwa fluktuasi permintaan untuk terjemahan teknis dari bahasa-bahasa tertentu tidak benar-benar ada hubungannya dengan terjemahan mesin, dan itu berkaitan dengan teknologi yang dikembangkan pada saat tertentu dan di negara tertentu. Saya menerjemahkan sedikit paten Jepang karena teknologi Jepang telah tertinggal. Itu bisa dan mudah-mudahan akan berubah pada titik tertentu.

Jadi bagaimana penerjemah manusia bisa bertahan di abad 21? Anda mungkin bertanya, dengan begitu banyak ancaman yang menjulang di cakrawala?

Lihatlah apa yang sedang Anda terjemahkan. Apakah ini teks yang sangat sederhana yang bisa diterjemahkan dengan mudah, sangat sederhana sehingga meski diterjemahkan oleh mesin, pelanggan masih akan cenderung mengerti sebagian besar terjemahannya?

Jika jawabannya ya, kemungkinan besar pekerjaan Anda mungkin tidak bertahan lama dan itu akan benar-benar tergusur oleh terjemahan mesin, atau bahwa Anda hanya akan dibutuhkan sebagai budak yang berperan menjadi juru tulis bagi terjemahan mesin yang murah.
Jika jawabannya tidak, saya tidak akan terlalu khawatir tentang kemampuan Anda di abad ini.

Sebagai gantinya, saya lebih berkonsentrasi pada hal-hal seperti memasarkan layanan saya kepada pelanggan langsung, mengetahui dengan baik informasi tentang apa yang terjadi di sekitar saya, dan bersenang-senang dan menikmati hidup pada saat bersamaan.


Data Pengirim
Dikirim Oleh : Blog Artikel Penerjemah
Alamat Pengirim : Serpong, Tanggerang, Banten
Nomor Telepon : 0857-1990-1919
Email : info@experttranslationagency.com
Kunjungi Website :


2 komentar:

  1. Mungkin pada satu atau dua bahasa tertentu, hal tersebut bisa saja terjadi.
    Tapi untuk beberapa bahasa yang punya struktur kompleks sepertinya akan sangat mustahil.
    Tapi....saiapa yang tau :)
    Btw, thanks untuk artikelnya.

    BalasHapus
  2. Hasil terjemahan mesin tentu tidak akan sesempurna hasil karya PENERJEMAH HANDAL. Yang susah disaingi adalah dari segi HARGA, karena mass production pasti berHARGA murah dengan hasil yang mungkin agak "murahan".

    BalasHapus

 

Copyright © 2019 Direktori Penerjemah™ is a registered trademark.

Designed by Templateism | Templatelib. Hosted on Blogger Platform.