Memanfaatkan Blog Sebagai Alat Promosi Biro Penerjemahan Anda (Artikel)

Memanfaatkan Blog Sebagai Alat Promosi Biro Penerjemahan Anda
Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan sebutan "blog". Menurut wikipedia, blog atau dikenal juga dengan sebutan weblog, merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.  Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, blog telah menjadi semakin populer. Tidak terkecuali oleh beberapa pengelola biro jasa penerjemahan Indonesia yang telah memanfaatkan blog sebagai alat promosi untuk biro penerjemahannya. Sebut saja beberapa blog penerjemah yang kerap bertengger di posisi 10 besar pencarian Google dan Yahoo, seperti Penerjemah Jakarta, Penerjemah Mitra Indonesia kemudian juga diikuti oleh blog-blog penerjemah lain seperti blog Penerjemah GlobalTrans dan lain sebagainya.

Untuk itu pada artikel memanfaatkan blog sebagai alat promosi biro penerjemahan Anda berikut ini,  Penerjemah Jakarta ingin berbagi beberapa wawasan tentang bagaimana sebuah biro penyedia jasa penerjemah atau juga seorang yang berprofesi sebagai penerjemah freelance dan interpreter dapat memanfaatkan blog sebagai alat promosi yang ideal. Dengan Anda memiliki sebuah blog, maka akan membantu Anda mengembangkan reputasi Anda sebagai pengelola biro penerjemahan atau sebagai penerjemah freelance dam interpreter yang profesional dalam kaitannya untuk meningkatkan strategi pemasaran yang terbaik bagi Anda.

Berikut adalah langkah-langkah memanfaat blog sebagai alat promosi bagi biro penerjemah atau profesi Anda sebagai penerjemah freelance dan interpreter.

Langkah 1
Pilihlah layanan untuk membangun blog Anda sesuai keinginan. Saat ini banyak situs yang menyediakan layanan untuk membangung blog secara gratis, seperti Blogspot, Wordpress, Weebly dan sebagainya. Dalam hal ini, saya lebih merekomendasikan kepada Anda untuk menggunakan layanan Blogspot dari Blogger.Com dari Google, selain karena gratis, juga sangat mudah digunakan. 

Langkah 2
Setelah Anda menentukan layanan hosting untuk membangun blog penerjemah Anda, langkah selanjutnya adalah memilih template yang sesuai dengan keinginan Anda. Dianjurkan sekali untuk memilih template yang benar-benar Seo-Friendly yang bisa Anda download gratis di banyak situs-situs direktori template. Kecepatan loading sebuah blog dapat mempengaruhi visibilitas blog pada mesin pencari. Untuk itu pilihlah template yang tidak banyak mengumbar gambar-gambar, terutama gambar-gambar dari file flash. Anda juga bisa menemukan template-template bagus hasil karya blogger-blogger Indonesia hanya dengan mengetikan kata kunci "seo friendly blogger template" dan sebagainya di kotak pencarian mesin pencari.

Langkah 3
Pilihlah topik utama yang tepat sasaran bagi blog Anda, dimana semakin spesifik topiknya akan semakin baik. Disini Anda harus menentukan tujuan utama Anda dalam membangung blog, yaitu menciptakan media bagi orang-orang yang sedang membutuhkan informasi tentang niche yang spesifik dari blog Anda. Anda bisa memilih sejumlah topik sesuai apa yang akan Anda tawarkan kepada calon pelanggan Anda dengan menyediakan informasi-informasi yang berhubungan erat dengan bidang keahlian Anda, seperti jasa penerjemah tersumpah, jasa terjemahan video (subtitling), penerjemah bahasa teknik, penerjemah bahasa hukum dan banyak lagi lainnya. Tujuannya disini adalah untuk meningkatkan visibilitas online bagi biro penerjemah atau profesi Anda sebagai penerjemah freelance dan interpreter. Jadi, blog Anda harus secara jelas menunjukkan bidang keahlian Anda yang akan Anda tawarkan.

Langkah 4
Memulai posting. Pertama-tama yang perlu diperhatikan, kualitas adalah alasan utama mengapa pengunjung Anda akan berkunjung kembali ke blog Anda. Untuk itu ciptakan blog Anda semenarik mungkin dan benar-benar relevan dengan calon pengunjung yang menjadi target Anda. Hindari upaya mengcopy paste hasil tulisan orang lain di blog Anda. Selain akan akan mempersulit blog Anda untuk mendapatkan peringkat bagus di mesin pencari, upaya copy paste bisa membuat blog penerjemah Anda jauh dari kemungkinan suksesnya usaha promosi Anda. Meskipun memang ada beberapa blog yang naik pada beberapa kata kunci dari hasil copy paste, tapi mengingat alogaritma pencarian mesin pencari seperti Google semakin ketat, keberadaan blog-blog hasil copy paste tidak akan bertahan lama. Kedua, buat blog Anda bisa berinteraksi dengan pengunjung, yaitu dengan menyediakan kolom komentar. Pastikan konten blog Anda senantiasa di perbaharui dengan konten-konten segar dan menarik untuk dibaca.

Langkah 5
Setelah Anda berhasil mengisi blog penerjemah Anda dengan konten yang informatif dan bermanfaat bagi pengunjung blog, saatnya Anda memulai mendaftarkan blog penerjemah Anda ke mesin-mesin pencari, seperti ke Google Webmater Tools, Bing Webmaster dan sebagainya. Selain itu perluas visibiltas blog Anda dengan mendaftarkannya pada situs-situs direktori seperti ke Direktori Penerjemah Indonesia ini, ke social bookmarking, jejaring sosial dan lain sebagainya.



Dikirim Oleh : Penerjemah Jakarta
Email : penerjemahanjakarta@gmail.com
Kunjungi Website : http://penerjemahan.blogspot.com/


1 komentar:

  1. Saya jg sdh buat blog mas.. \m/
    Mudah2an cepet naik ikutin tips diatas.

    BalasHapus

 

Copyright © 2019 Direktori Penerjemah™ is a registered trademark.

Designed by Templateism | Templatelib. Hosted on Blogger Platform.