Langkah-Langkah Untuk Promosi Online Biro Penerjemahan Anda (Artikel)

Langkah-Langkah Untuk Promosi Online Biro Penerjemahan Anda
Prospek yang menjanjikan di bisnis penerjemahan saat ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mencoba memasuki lahan bisnis tersebut. Seperti halnya bisnis lainnya, bisnis penerjemahan juga membutuhkan pemasaran agar supaya biro penerjemahan bisa dikenal luas oleh publik, khususnya calon-calon pengguna jasa penerjemah yang kian hari kian meningkat. Berbeda dengan pada masa-masa antara tahun 1996~2005, dimana pada saat itu untuk memasarkan atau mempromosikan usahanya tersebut kebanyakan pengelola bisnis penerjemah lebih suka memanfaatkan surat kabar atau layanan pasang iklan di Yellow Pages sebagai media promosinya, sejak awal tahun 2007 hingga kini yang merupakan era dimana tengah berkembang dengan pesatnya teknologi informasi, semua kegiatan promosi bisnis terjemahan telah beralih ke media internet sebagai satu-satunya media paling efektif guna menyampaikan semua pesan-pesan bisnis kita.

Fenomena peralihan dari pemanfaatan surat kabar atau Yellow Page ke pemanfaatan Internet sebagai media promosi online ini, bukan hanya dialami pada bisnis penerjemahan saja, melainkan juga semua sektor bisnis secara global juga lebih menyukai promosi online via internet ini. Lalu, bagaimana dengan Anda yang baru memulai usaha dibidang jasa penerjemahan bisa ikut serta dalam mempromosikan usaha penerjemahannya secara online di internet? Pada artikel kali ini, kami dari Penerjemah GlobalTrans ingin berbagi langkah-langkah untuk promosi online biro penerjemahan Anda via internet, yaitu sebagai berikut:

Langkah Pertama: Membangun Website Untuk Biro Penerjemah Anda

Saat ini banyak penyedia jasa penyedia domain dan hosting yang menawarkan berbagai paket menarik mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar. Disini Anda bisa membuat pilihan domain dan hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Tentukan nama domain atau sub-domain yang benar-benar mewakili biro penerjemahan Anda. Upayakan dalam pemilihan nama domain atau sub-domain tersebut tidak terlalu panjang dan yang lebih penting adalah yang paling mudah diingat oleh pengguna jasa penerjemahan, agar nantinya jika mengetikan nama tersebut di mesin pencari oleh pengguna jasa terjemahan, akan dapat dengan mudah dapat menemukan Anda.

Setelah memilih dan menentukan nama domain atau sub-domain tersebut, Anda dapat memulai membangun website untuk biro penerjemah Anda. Dalam membangun sebuah website, selain bisa dilakukan sendiri dengan bantuan software-software untuk membuat website yang bisa Anda miliki dengan mendownloadnya pada situs-situs penyedia download software, Anda juga bisa memanfaatkan layanan jasa pembuatan website yang banyak bertebaran di internet saat ini.

Buatlah konten website biro penerjemah yang benar-benar mewakili bidang usaha dari yang Anda jalankan saat ini. Upayakan konten atau isi dari setiap halaman website biro penerjemah Anda bisa membuat pengunjung atau pembaca tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Minimalkan atau kalau bisa jangan membuat konten website biro penerjemah Anda berisi kata-kata yang berbau spamming, seperti dengan mencantumkan kata-kata yang berulang hingga berkali-kali dengan tujuan menembak kata kunci (keyword). Kemudian juga, jangan sekali-kali mengisi konten website biro penerjemah Anda dengan konten hasil salin tempel (copas).

Langkah DuaMenciptakan Website Biro Penejemah Yang Seo Friendly

Setelah Anda berhasil membangun sebuah website untuk biro penerjemahan Anda, langkah selanjutnya adalah menciptakan webite Anda agar bersifat Seo Friendly. Apa yang dimaksud dengan Seo Friendly? Seo Friendly adalah kunci utama suksesnya promosi sebuah website. Website yang seo friendly adalah website yang setiap unsur atau elemen-elemennya saling memiliki relevansi yang jelas arah dan tujuannya. Ada beberapa elemen-elemen penting dari sebuah website yang menjadi kunci mudah atau ramah tidaknya website tersebut di mesin pencari. 

Seperti apakah elemen-elemen kunci dari sebuah website?

Elemen-elemen kunci dari sebuah website memainkan peranan penting dalam memposisikan peringkat sebuah website pada hasil pencarian dari mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. Elemen-elemen inilah yang nantinya akan dirambah atau dijelajahi oleh robot dari mesin pencari. Apabila semua elemen-elemen dari website Anda dinilai layak oleh mesin pencari, maka tidak mustahil website biro penerjemah Anda akan tampil dan berada di halaman pertama pencarian dari mesin pencari. Halaman pertama? Ya! Halaman itulah yang menjadi impian bagi setiap orang yang berpromosi online via internet. 

Selain konten atau isi website yang harus relevan dan juga tidak mengandung spamming serta bukan merupakan hasil copy-paste, elemen-elemen kunci dari sebuah website adalah sebagai berikut.

1. Meta Tag Judul
Judul meta tag pada umumnya mewakili judul dari setiap halaman website biro penerjemah Anda. Dengan judul meta tag inilah yang nantinya oleh mesin pencari ditampilkan pada hasil pencariannya dengan warna biru dan link ke website Anda ketika orang klik di atasnya. Judul meta tag tidak boleh terlalu panjang dan harus berisi kata-kata kunci penting yang menjelaskan secara garis besar dari halaman website Anda.


2. Meta Tag
Deskripsi
Apabila judul meta tag ditampilkan dalam hasil pencarian dari mesin pencari dengan berwarna biru seperti terlihat pada screenshot diatas, beberapa baris keterangan yang terdapat di bawahnya itulah yang dinamakan sebagai meta tag deskripsi, yang bermanfaat untuk menjelaskan secara singkat layanan penerjemahan yang Anda tawarkan dan konten pada halaman tertentu. Kita harus mengetahui terlebih dahulu bawah mesin pencari pada umumnya hanya menampilkan dua atau tiga baris deskripsi saja, untuk itu buatlah deskripsi meta tag Anda benar-benar merupakan deskripsi singkat, relevan dan penuh kata kunci.

3. Meta Tag Kata Kunci
Umumnya disebut juga dengan meta keywords yang merupakan kombinasi kata kunci yang digunakan pada halaman web tertentu. Meta keywords ini merupakan identitas dari halaman website Anda, dan meta keyword ini nantinya akan digunakan oleh pengunjung atau calon pengguna jasa penerjemah untuk menemukan website Anda. Meta tag keyword hendaknya mencerminkan konten atau isi dari sebuah website.

4. Meta Tag Robots
Meta tag ini berfungsi untuk mengatur akses robot dari sebuah mesin pencari, sehingga dengan meta tag ini kita dapat mengatur apakah mesin pencari boleh mengindex tiap halaman website atau hanya halaman tertentu saja.

Langkah Ketiga: Menerbitkan Website Biro Penerjemah Anda

Setelah semua langkah diatas telah Anda ikuti, sekarang saatnya website biro penerjemah Anda siap untuk dipublikasikan dan siap untuk dipromosikan secara online via internet.

Semoga bermanfaat.



Dikirim Oleh : Penerjemah GlobalTrans
Email : globalpenerjemah73@gmail.com
Kunjungi Website : http://global-translator.blogspot.com/


10 komentar:

  1. W@w! rajin 'kali sobat kita satu ini nulis artikel bagus.
    Pantas aja blognya kian hari kian nanjak terus dan s'bentar lg bakal bareng tampil di pageone kayaknya =D7

    Keep good posting, sob!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maklum, bos..lg kejar setoran nich.
      Biar secepatnya bisa bareng di pekiwan! :))
      Thx apresiasinya.

      Hapus
  2. Ngalamin juga ya mas promosi lewat koran?
    Berarti udah lama juga usaha di terjemahan ya? :)

    BalasHapus
  3. Selain Handal sebagai penerjemah, jago juga SEO nya nih.. mantap :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah! seneng bgt dpt kunjungan dari mastah seo blogger nih.
      Jagonya belum seberapa dibanding dgn kang Ismet yang udah malang melintang di blogger :)

      Makasih banyak komennya, kang.

      Hapus
    2. Kirain komen kang ismet buat sya, dah kegeeran aja diblang jago seo.. :))
      Taunya buat mas admin toh.

      Hapus
    3. Buat semua aja deh... hehehe.. :) emang pada jago kan

      Hapus
  4. Benar sekali biro penerjemah adalah salah satu lahan bisnis yg menjanjikan. Apa lagi klu bisa promo online dgn membuat web site/ web blog tentu akn menjangkau pasar yg lbh luas.

    BalasHapus

 

Copyright © 2019 Direktori Penerjemah™ is a registered trademark.

Designed by Templateism | Templatelib. Hosted on Blogger Platform.